Tari Kuda Lumping


WWW.Detik.com

Tarian Kuda Lumping
ialah tarian khas yang berasal dari daerah Jawa Timur. Tari Kuda Lumping ini dimainkan dengan menggunakan properti berupa kuda tiruan yang terbuat dari rajutan bambu/kepang. Tarian ini biasanya ditampilkan pada acara-acara tertentu, seperti penyambutan tamu kehormatan, dan sebagai ucapan syukur atas permohonan yang dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa. Tari Kuda lumping biasanya di pentaskan di lapangan terbuka.

Kisah tari Kuda Lumping ini terdiri dari beberapa versi yang berbeda-beda, versi pertama menyebutkan tari Kuda Lumping menggambarkan kisah perjuangan Raden Patah, yang dibantu oleh Sunan Kalijaga, melawan penjajah Belanda sedangkan versi lainnya menyebutkan tari Kuda Lumping merupakan bentuk dukungan dari rakyat-rakyat miskin terhadap pasukan berkuda Pangeran Diponegoro dalam menghadapi penjajah Belanda. Adapula yang menyebutkan tarian ini mengisahkan tentang latihan perang pasukan Mataram yang dipimpin Sultan Hamengku Buwono I (Raja Mataram) untuk menghadapi pasukan Belanda.

Sering juga dalam pertunjukan tari Kuda Lumping, juga menampilkan pertunjukan yang mempertontonkan kekuatan supranatural berbau magis, seperti atraksi berjalan di atas pecahan kaca,mengunyah kaca, menyayat lengan dengan golok, membakar diri, dan lain-lain. Mungkin, atraksi ini merefleksikan kekuatan supranatural yang pada jaman dahulu yang berkembang di lingkungan Kerajaan Jawa, dan merupakan suatu kehidupan non militer yang dipergunakan untuk melawan pasukan Belanda.

Kesimpulan : Semoga tarian Kuda Lumping ini tetap terus dilestarikan sehingga dapat tetap hidup dan dapat terkenal di negara luar sehingga negara-negara lain tidak dapat mengambil kesenian tari Kuda lumping ini karena kesenian ini merupakan budaya asli milik Indonesia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar