Siskamling


www.rtsukamulya.blogspot.com

Siskamling
ialah nama dari suatu kegiatan sosial khas yang ada di Negara Indonesia. Mengapa disebut khas? Karena di Negara-negara luar/lain tidak terdapat siskamling, hanya terdapat di Negara Indonesia saja. Siskamling adalah suatu kegiatan ronda malam yang dilakukan oleh beberapa orang/warga (umumnya dilakukan oleh laki-laki) secara bergiliran untuk menjaga keamanan disekitar lingkungan tempat tinggal mereka sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu alat yang biasanya diperlukan dalam kegiatan siskamling ialah kentongan. Bunyi kentongan yang dipukul sekitar pukul 2 dini hari dapat menandakan bahwa hari telah larut malam dan menjelang pagi hari. Selain itu apabila suatu hari terjadi bencana disekitar lingkungan tersebut seperti kebakaran, bunyi kentongan yang dipukul oleh warga yang sedang ronda malam sangat bermanfaat karena dapat membangunkan warga dari tidurnya sehingga dapat terhindar dari bencana tersebut.

Kegiatan siskamling umumnya di pedesaan masih tetap dilakukan, tetapi di beberapa daerah nyaris tidak terdengar lagi. Padahal kegiatan siskamling memberikan banyak sekali manfaat. Dapat mencegah maling yang masuk serta mencegah hal-hal lain yang dapat memalukan/merugikan lingkungan tersebut, selain itu juga dapat menciptakan kerukunan dan kekompakan antar warga sehingga antara satu warga dengan warga lainnya dapat saling mengenal tetangganya yang tinggal dalam lingkungan tersebut.

Kini di kota-kota besar seperti Jakarta, kegiatan siskamling nyaris tidak pernah dilakukan lagi. Para warga beranggapan kegiatan siskamling merupakan kegiatan yang kuno dan juga menganggap kegiatan siskamling merupakan tugas dari satpam yang berjaga di sekitar lingkungan tempat tinggal yang mereka bayar iurannya tiap minggu atau bulannya.

Kesimpulan : Keamanan di lingkungan tempat tinggal adalah hal yang utama untuk diwujudkan. Di sinilah keterlibatan warga menjaga keamanan sangat dibutuhkan. Dalam lingkup kecil lagi-lagi siskamling bukan hanya tugas satpam, tetapi juga tugas kita semua yang sama-sama tinggal di lingkungan tersebut. Semoga kegiatan siskamling dapat tetap hidup dan dilaksanakan bersama-sama oleh para warga.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar