Selametan


www.sepeda.wordpress.com

Selametan
ialah salah satu tradisi turun-temurun yang masih tetap dilestarikan hingga sekarang ini. Kata lain dari selametan ialah syukuran.

Rumah adalah tempat berteduh, tempat beristirahat, dan berkumpul dengan keluarga sekaligus tempat untuk melepaskan kepenatan. Setiap orang mendambakan rumah yang nyaman untuk dihuni bersama keluarga. Namun tidak ada di dalam ajaran agama bahwa seseorang yang menempati sebuah rumah atau melakukan pindahan harus selametan. Tetapi apabila ada yang melakukan tradisi tersebut itu menandakan sebagai tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Biasanya dalam melakukan selametan pindahan rumah baru, sang pemilik rumah mengundang sanak saudara serta tetangga baru di sekitar rumah agar dapat saling mengenal sehingga dapat terjalin persaudaraan antar sesama tetangga yang kelak dapat saling bantu-membantu dan tolong- menolong. Ritual yang biasanya dilakukan pada selametan ini umumnya dimulai dengan doa bersama sesuai dengan kepercayaan yang dianut kemudian dilanjutkan dengan makan bersama yang tentunya telah disediakan oleh sang pemilik rumah.

Kesimpulan : Adat istiadat merupakan suatu tradisi turun temurun yang diwariskan dari zaman dahulu kala. Selametan pindah rumah merupakan ungkapan tanda syukur manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tradisi ini dilakukan supaya manusia tidak lupa dan ingat atas apa yang telah diberikan oleh Yang Maha Kuasa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar