Kolintang


www.inioke.com

Kolintang
merupakan suatu alat musik yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Alat musik kolintang termasuk dalam jenis alat musik perkusi. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Kolintang mempunyai bahan dasar yaitu kayu yang jika dipukul dapat mengeluarkan bunyi yang cukup panjang dan dapat mencapai nada-nada tinggi maupun rendah. Jenis kayu yang digunakan ialah jenis kayu yang agak ringan tapi cukup padat dan serat kayunya yang tersusun membentuk garis-garis sejajar. Penggunaan kolintang erat hubungannya dengan kepercayaan rakyat Minahasa,yang biasanya dipakai dalam upacara-upacara pemujaan arwah-arwah para leluhur.

Alat musik itu disebut kolintang karena apabila di pukul akan menghasilkan nada yang berbunyi tong untuk nada rendah, tang untuk nada sedang, dan ting untuk nada tinggi, maka muncullah nama "KOLINTANG”. Namun, ada juga yang mengatakan, penamaan kolintang di ambil dari cerita seorang anak perempuan yang bernama Lintang. Lintang ialah seorang gadis yang buta penglihatannya. Kemana saja Lintang pergi dia selalu membawa kayu. Kebiasaannya memukul-mukul kayu yang dibawanya, termasuk kayu rumahnya.
Karena ayahnya sangat sayang pada anaknya, maka Lintang sering diajak bermain bersama dengan memukul kayu tersebut sehingga menghasilkan bunyi yang enak didengar. Kemudian ayahnya mencoba membuat rentak mainan dengan urutan nada seperti do, re, mi, fa, so, la, si, do dan sebagainya.Penduduk kampung saat itu, sebenarnya sudah ramai mendengar kemerduan nada dari kayu yang dipukul Lintang bersama ayahnya. Pada suatu hari, penduduk-penduduk kampung itu ingin mendekati dan mengetahui siapakah yang memainkan nada itu. Saat melihat Lintang, yang sedang memainkan kayunya, kemudian salah seorang penduduk kampung pun berkata ‘Kau Lintang’. Maka berkembanglah ketukan-ketukan tersebut menjadi satu kumpulan alat musik yang dahulunya dinamakan ‘KAU LINTANG’ dan kini menjadi “KOLINTANG” yang terkenal hingga saat ini.

Kesimpulan : Kolintang merupakan salah satu identitas budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Keberadaan Kolintang di dunia menunjukkan betapa kayanya bumi Indonesia dengan seni dan budaya tradisionalnya. Ikut serta melestarikan kesenian Kolintang berarti turut berperan melestarikan identitas bangsa Indonesia, karena kebudayaan dalam sebuah Negara menunjukkan identitas dari Negara tersebut. Oleh karena itu, marilah kita sebagai rakyat Indonesia menjaga dan melestarikan kebudayan seni Kolintang asli Indonesia agar tidak direbut atau diakui oleh Negara lain, karena Kolintang merupakan salah satu aset terpenting yang dimiliki oleh Negara Indonesia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar